Cara mencangkok tanaman

Cara mencangkok tanaman

Kemarin, ketika saya mencari referensi mengenai cara mencangkok tanaman (awalnya sih mau cari cara mencangkok mangga), saya menemukan blog Leira. Disitu dijelaskan secara gamblang mengenai cara mencangkok dengan menggunakan media floral foam. Ini merupakan satu hal yang menarik (menggunakan flora foam), karena yang sudah pernah saya lakukan adalah menggunakan media lain. So, ada baiknya saya share disini, supaya pembaca AyoBerkebun.com bisa mendapatkan ilmu tambahan mengenai cara mencangkok tanaman.

Cara mencangkok tanaman menggunakan Floral Foam

Bahan yang dibutuhkan untuk mencangkok :

    • Floral Foam : Busa keras (biasanya berwarna hijau), yang sering digunakan untuk merangkai bunga. Pilih yang bertipe menyerap air.
    • Pisau tajam : Bahan stainless lebih baik
    • B1 Liquinox : Larutan perangsang akar sekaligus anti stress.
    • Plastik : bisa menggunakan plastik es, digunakan untuk membungkus media cangkok
    • Rooting Agent : ZPT untuk merangsang pertumbuhan akar, bisa CLonex, Rootone-F, Root-Up, atau yang lain.
    • Jepit pakaian dan tali (dari plastik es)

Jadikan gambar bungkus rokok sebagai pembanding ukuran, karena bungkus rokok tidak tidak ada hubungannya dengan Cara mencangkok tanaman. he he he

cara mencangkok tanaman

Urutan kerja Cara mencangkok tanaman

    • Pilih batang tua dari tanaman yang akan dicangkok. Usahakan yang tegak, atau minimal membentuk 45derajad. Karena jika kita memilih batang yang tumbuhnya landai, pertumbuhan akar tidak akan merata dengan baik, karena adanya efek gravitasi.
    • Kerat batang tanaman tersebut, kira-kira sepanjang lebar jari (sktr 1,5 s/d 2cm). Buang kulit batang, dan kerik sampai kambiumnya hilang. Hati-hati dalam proses menghilangkan kambium, gunakan pisau tajam, dan pastikan tegak lurus dengan batang.

    • Potong Floral Foam, dengan ukuran 2cm lebih besar dari diameter batang yang akan dicangkok. Misal diameter batang yang akan dicangkok adalah 2cm, maka potong ukuran floral foam selebar 4cm. Untuk panjang yang dibutuhkan, kira-kira sekitar 3cm (tgt dari sayatan pada batang cangkokan). Prinsipnya, masih ada floral foam sekitar 1cm s/d 1,5cm yang melindungi luka sayatan cangkokan
    • Buat Larutan B1 Liquinox dengan kepekatan 0,05%. (5ml B1 Liquinox dicampur dengan 1lt air)
    • Rendam Floral Foam di larutan yang telah kita buat sebelumnya
    • Oleskan Hormon ZPT (Clonex, Rootone-f, dll) di batang yang sudah dikerat tadi, dan biarkan sekitar 10menit supaya sedikit mengering.
    • Belah Floral Foam yang telah kita rendam tadi menjadi 2 bagian yang sama besar. Kemudian Letakkan di batang yang sebelumnya telah di kerat.Letakkan keduanya sehingga seluruh bagian yang sebelumnya dikerat tertutup oleh floral foam.

    • Bungkus dengan plastik, dan jepit bagian atas terlebih dahulu. Kemudian ikat bagian bawah plastik ke batang cangkokan. Setelah itu, baru ikat bagian atas plastik.

    • Bila dalam kurun waktu tertentu, floral foam terlihat kering (ada akar ataupun tidak), tambahkan larutan B1 Equinox (2ml B1 Equinox + 1lt air) kedalam floralfoam dengan cara disuntikkan

    • Bila akar sudah banyak muncul di cangkokan (terutama akar tua yang berwarna coklat), cangkokan siap untuk diturunkan. Potong dahan cangkokan, dan buka plastik penutupnya.
    • Buat larutan B1 Equinox 5ml + air 1lt, dan masukkan akar cangkokan tadi kedalamnya sekitar 10 sampai 20 menit. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi stress dari cangkokan pasca terpisah dari induknya.

    • Buat media tanam dengan campuran 1 bagian Kompos daun ditambah dengan 1 bagian sekam bakar. Campuran ini akan bersifat porous, namun subur, sehingga baik untuk merangsang pertumbuhan akar.
    • Tanam cangkokan baru dengan media tanam tersebut diatas, kita bisa gunakan pot atau gelas cup plastik kecil, yang telah kita lubangi.
    • Siram kembali dengan larutan B1 Equinox yang kita buat sebelumnya sampai basah dan jenuh air.

  • Istirahatkan cangkokan muda ini ditempat teduh selama kira-kira 1 minggu, baru kemudian bisa langsung ditaruh di tempat yang terkena matahari.

Ini hanya salah satu artikel menarik dari Blog Leira mengenai Cara mencangkok tanaman, masih banyak artikel lain yang dapat kita jadikan referensi untuk memperkaya ilmu kita.

Keep Spirit!!, Ayo Berkebun!!!

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.3/5 (10 votes cast)
Cara mencangkok tanaman, 3.3 out of 5 based on 10 ratings
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

9 Comments

  1. trimakasih info nya yah…..

  2. tanya donk… dimana beli floral foamnya?…
    dimana beli B1 Equinox dan hormon zpt juga?..

    terima kasih atas perhatiannya

  3. tutorialnya sangat bermanfaat terima kasih.
    mau tanya juga,kalau zptnya atonik bisa ngak ya?
    trus aplikasinya dicampur air atau dioleskan langsung kondisi kental.

  4. B1 sama zpt banyak tuh di toko obat2 tanaman.
    cari aja toko yang jual obat2 tanaman di sekitar daerah agan.

  5. Thank info nya

  6. trimakasih info nya yah…..

  7. mencangkok tanaman ,,supaya batang tanamannya mnjdi bsar

  8. mencangkok tanaman ,,supaya batang tanamannya mnjdi bsar

  9. tanya donk,,,,, apakah menggunakan floral foam lebih bagus dari pada soil ( tanah)?. dan bagaimana cara pakenya B1…………?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 7 = 15

Choose a Rating

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Keywords :