Cara menanam bunga mawar dari biji

Cara menanam bunga mawar dari biji

Sebelum kami sharing mengenai cara menanam bunga mawar dari biji, perlu kami sampaikan terlebih dahulu bahwa tips dibawah ini hanya fokus di cara germinasi biji mawar. Sedangkan untuk merawat tanaman mawar, kami sengaja tidak membahasnya, karena sudah banyak sekali tips-tips yang ada di internet. Yang jarang ditemukan adalah tips mengenai cara menanam bunga mawar dari biji (supaya biji mawar bisa sprout atau berkecambah).

Dan perlu diketahui pula, bahwa tips Cara menanam bunga mawar dari biji ini kami dapatkan dari seseorang yang berasal dari Yunani, ketika kami mengimport biji mawar dari dia. Kami akan coba “translate” menuju bahasa Indonesia, oleh karena itu, kurang lebihnya mohon maaf.

Cara menanam bunga mawar dari biji

  • Sebelum mananam benih mawar, rendam dahulu biji mawar di air murni (bisa digunakan air minum kemasan) selama 24 jam
  • Disarankan untuk menanam benih mawar di awal musim semi, atau ketika sudah tidak ada bahaya dari suhu yang bisa membeku. (Untuk di Negara kita, poin ini bisa di abaikan, karena di Indonesia tidak ada musim dingin.)
  • Tempatkan biji mawar sedalam kurang lebih 1/2 inchi (kira-kira 1,5cm) di media tanam. Media tanam ini adalah menggunakan campuran 50% media tanam yang steril dan 50% vermiculite.
  • Kita bisa gunakan pot kecil yang ada lubang drainasenya, dan jangan pernah menaruh tatakan air dibawahnya (tatakan yang biasanya berbentuk seperti piring, yang kita taruh dibawah pot)
  • Taburi biji mawar sedikit, dengan Rootone Root Starter atau Fungisida Captan 50%, kemudian tutup kembali biji mawar terseut dengan campuran media tanam yang sudah dijelaskan diatas. Cara ini berfungsi untuk mengurangi kemungkinan akan kelembaban yang berlebihan, yang biasanya di huni oleh penyakit yang menyerang benih muda.
  • Siram biji mawar yang telah kita tanam dengan menggunakan sprayer, sampai basah
  • Letakkan pot tersebut diluar, di area yang terkena sinar matahari secara langsung. Tetap sirami tanaman, dan pertahankan jangan sampai pot kekeringan.
  • Sekitar 6 minggu kemudian, biji mawar akan mulai berkecambah.
  • Ketika cuaca menjadi terlalu hangat, atau bahkan panas, biji mawar akan berhenti berkecambah.
  • Ketika tanaman mawar sudah tumbuh dengan tinggi sekitar 3-4 inchi (kisaran 7,5cm sampai 10cm), kita bisa memindah ke pot yang lebih besar.

Tips diatas sedikit berbeda dari tips yang sering kami jumpai dan baca. Pada umumnya, banyak tulisan mengharuskan ada fase “dormant” (di simpan di dalam kulkas), tapi untuk cara diatas, fase tersebut tidak ada. Ada baiknya kita sama-sama mencoba.

Semoga cara menanam bunga mawar dari biji diatas bisa bermanfaat bagi kita semua,
dan jangan lupa, tetap Ayo Berkebun!!!

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.6/5 (9 votes cast)
Cara menanam bunga mawar dari biji, 3.6 out of 5 based on 9 ratings
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • http://facebook.com/profile.php?id=100007068723731 Qhyki Pratiwi

    sangat membantu…

  • http://facebook.com/profile.php?id=100007068723731 Qhyki Pratiwi

    sangat membantu…

  • هنري

    biji mawar saya kok berjamur ya?
    cra ngilangin jamurnya gimna?
    saya menggunakan cara biji mawar saya truh di atas kapas dan saya kasih air dg ckup(tdk trgenang) trus saya tutup mggunakan plastik.

Keywords :