Budidaya Strawberry

Budidaya Strawberry

Strawberry, salah satu buah yang bentuknya menarik, dan rasanyapun enak. Mempunyai tanaman strawberry sendiri (dirumah) akan memberikan kepuasan tersendiri, terutama ketika memanen strawberrynya.

Berikut kami posting, salah satu tips Budidaya Strawberry yang kami dapat dari web www.TaniOrganik.com. Kami share di web AyoBerkebun.com supaya info yang baik ini bisa lebih mudah didapat, dan tentu saja akan lebih bermanfaat.

Cara Budidaya Strawberry

Sebelum kita mulai cara budidaya strawberry, tentu saja anda perlu punya bibitnya. Anda bisa beli tanamannya di toko-toko bunga terdekat. Kalau masih kesulitan, silahkan kontak kami melalui page KONTAK, kami akan coba bantu.

Hal kedua yang layak dicermati adalah, penyiapan MEDIA TANAM untuk Tanaman Strawberry. Sesuai dengan tips yang disampaikan oleh TaniOrganik.com, Resep Media Tanam Strawberry adalah seperti dibawah ini :

Resep Rahasia Media Tanam untuk Strawberry :

  • Tanah : secukupnya
  • Sekam padi : 2 cangkir (opsional)
  • Kotoran ayam/burung: 2 cangkir (bagus untuk buah)
  • Kotoran kambing/sapi/kerbau: 1 cangkir (bagus untuk daun dan batang)
  • Abu dapur/abu kayu : 1 cangkir (sumber Potassium alias Kalium)
  • Kapur pertanian/dolomit : 2 sdm (sumber Kalsium + Magnesium)
  • Pisang masak (dicacah) : 1 buah (sumber Kalium)

*) Bila tak ada kotoran kambing/sapi, bisa diganti dengan pupuk kompos. Adapun kotoran ayam sebaiknya diusahakan ada, soalnya bagus untuk perkembangan buah.
*) Kapur pertanian/dolomit bisa dibeli di toko pupuk.
*) Abu dapur bisa dibeli di pasar tradisional atau di pabrik pembuatan bata/genting, atau di peternak kerbau.

Mengaduk Media Tanam
Semua bahan media tanam di atas diaduk sampai rata. Usahakan tekstur tanah betul-betul halus/lembut agar perakaran berkembang dengan baik. Ini penting sekali agar tanaman dapat menyerap hara secara maksimal dan tumbuh subur.

Memberi Nutrisi Starter
Media tanam yang telah di aduk sebelumnya tersebut disemprot POC BMW sebagai nutrisi dan hormon pendorong pertumbuhan. POC BMW juga mengandung mikoorganisme menguntungkan (bakteri, jamur, dan mikroba lainnya) yang menyuburkan dan dapat dengan cepat mematangkan bahan-bahan pupuk di atas sehingga siap santap oleh tanaman.

Mengistirahatkan Media Tanam
Media tanam yang sudah disemprot POC BMW selanjutnya WAJIB diistirahatkan selama minimal 14 hari. Tujuannya agar media tanam matang dulu dan gas racun dari pupuk kandang terbuang. Bila Sahabat Organik “maksa” langsung tanam, besar kemungkinan tanaman stroberinya nanti kerdil dan sakit-sakitan (terutama oleh serangan jamur patogen).

Khusus bagi Sahabat Organik yang menanam stroberinya di lahan pertanian dan melibatkan pemasangan plastik mulsa, maka pastikan lahan atau bedengan JANGAN DITUTUP PLASTIK MULSA DULU selama masa “istirahat” ini!

Bila Sahabat menggunakan pot atau polibag, dianjurkan media tanam diaduk-aduk sekali lagi pada hari ke 7, sehingga proses dekomposisi bahan-bahan organik dapat lebih cepat dan merata.

Penanaman
Setelah melewati masa istirahat 14 hari, media tanam telah siap untuk ditanami. Silakan tanam stroberi Sahabat, buang plastik polibag semainya, namun harus hati-hati jangan sampai tanahnya lepas dari akar.

Tanam stroberi Sahabat dengan baik pada media tanam. Gali lubang secukupnya, kubur bagian perakarannya.

Hati-hati bagi Anda yang pemula, jangan sampai tanahnya ditekan-tekan sampai padat. Ini tidak baik untuk akar dan pertumbuhan tanaman nanti.

Setelah ditanam, segera siram dengan air secukupnya saja. Jangan terlalu becek soalnya bisa mengundang jamur penyakit yang menyebabkan tanaman membusuk.

Untuk lebih jelas tentang cara budidaya strawberry ini (lengkap dengan foto-foto pendukung) silahkan langsung melihat ke www.TaniOrganik.com

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.5/5 (4 votes cast)
Budidaya Strawberry, 3.5 out of 5 based on 4 ratings
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

One Comment

  1. banyaknya tanah berpengaruh tidak?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + = 12

Choose a Rating

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Keywords :