Percobaan Stek Tin dengan 3 metode (tahap awal)

Percobaan Stek Tin dengan 3 metode (tahap awal)

Kali ini, saya ingin memcoba untuk menumbuhkan TIN dengan cara Stek. Berawal dari Istri saya, yang ingin ikut lomba TIN di group facebook, dia mendapat kiriman sejumlah batang Tin dari temannya. Oleh karena itu, saya juga ingin memcoba beberapa percobaan metode Stek TIN yang pernah saya lihat di artikel, maupun Youtube.

 

1. Dengan Cara Berdiri

Stek Tin Metode Berdiri
Dengan memotong ujung bawah batang pohon tin, kemudian di celupkan ke CLONEX Rooting Hormon (untuk merangsang pertumbuhan akar), kemudian ditancapkan ke media tanam (didalam gelas plastik). Media tanam yang saya gunakan adalah “CocoPeat”.

Didalam percobaan ini, saya menggunakan 12 Benda uji, dibagi menjadi 4 kelompok (masing masing 3 stek tin). Ke empat kelompok ini adalah :
– Disiram dengan pupuk AMG (Agro Miracle Growth)
– Disiram dengan pupuk AG Berimbang (Amazing Grow)
– Disiram dengan pupuk Quick Grow
– Disiram air biasa tanpa pupuk

Penggunaan pupuk diatas hanya 1x seminggu, untuk penyiraman lainnya hanya dengan air biasa.
Tujuan saya disini adalah untuk melihat, mana yang lebih cepat pertumbuhan akarnya, dan mana nantinya yang bisa survive dengan hasil yang memuaskan.

 

2. Stek dengan cara Tidur

Stek Tin Metode Tidur
Disini saya menggunakan beberapa batang tin, yang ujung batang bawahnya sudah saya potong miring. Dan tentu saja, masih saya gunakan CLONEX Rooting Hormon untuk merangsang pertumbuhan akarnya. Beda dengan cara yang pertama adalah pada metode menanamnya. Disini yang saya gunakan adalah CocoPeat yang saya taruh didalam box plastik kotak, kemudian diatasnya saya taruh batang tin (stek tin) yang akan saya tumbuhkan. Batang tin ini ditaruh dengan posisi tidur, kemudian khusus di area batang bawah, sedikit saya tutup lagi dengan CocoPeat. Diharapkan akan tumbuh akar diarea ini.
Keunggulannya adalah, dengan cara ini, kita bisa melihat pertumbuhan akarnya secara jelas.

 

3. Stek dengan cara Berenang

Stek Tin Metode Berenang
Mencoba stek tin, dengan media cair, itu inti awalnya. Jadi yang saya lakukan adalah menyiapkan 3 gelas plastik (bening), kemudian saya isi dengan air yang telah dicampur dengan pupuk AMG (Agro Miracle Growth). Langkah selanjutnya adalah menggantung ujung atas batang stek tin, dan di celupkan kedalam media cair tadi.
Yang saya harapkan adalah, saya bisa melihat dengan jelas, proses tumbuhnya akar dari batang Tin.
Oh iya, saya juga tetap menggunakan CLONEX Rooting Hormon sebagai perangsangnya.

 

Percobaan ini saya lakukan untuk saya sendiri, tapi,.. semoga juga bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Saya akan memposting perkembangan dari percobaan ini di artikel berikutnya.

Bila para pembaca sudah pernah ada yang melakukan percobaan diatas, mohon kiranya mau membagi pengalamannya disini (dengan menulis di area comment). Jangan lupa subscibe email anda di web Ayo Berkebun (di kanan atas), sehingga anda akan mendapatkan pemberitahuan kalau ada update artikel dari kami.

Bersambung ke laporan kedua

6 Comments

  1. bagaimana stek tanaman cempaka telur ? media apa yang cocok?
    terima kasih.

  2. bagaimana stek tanaman cempaka telur ? media apa yang cocok?
    terima kasih.

  3. bagaimana stek tanaman cempaka telur ? media apa yang cocok?
    terima kasih.

  4. tin itu tanaman apa?

  5. bagaimana stek tanaman cempaka telur ? media apa yang cocok?
    terima kasih.

  6. setelah ditanem di gelas. ditaruh ditempat yg kena sihar matahari scra tdk langsung?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose a Rating

Keywords :
Show Buttons
Hide Buttons