Cara menanam cabe dari biji

Cara menanam cabe dari biji
Users

Cara menanam cabe dari biji sebenarnya tergolong mudah, apalagi bila kita tahu triknya.

cara menanam cabe dari bijiCara menanam cabe (umumnya)
Sebelumnya, saya melakukan hal yang biasanya dilakukan orang pada umumnya, cara menanam cabe yang saya lakukan adalah menebar biji di pot kecil dengan media tanah, dan menunggunya berhari-hari sampai dia tumbuh. Sungguh menegangkan, dan melelahkan.

Memang, pada akhirnya beberapa biji tumbuh, dan ada yang tidak, prosentase tumbuh juga tidak bisa mendekati 80%, sangat disayangkan, karena biji cabe yang akan saya tanam ini bukan biji cabe biasa, tapi biji cabe import dari luar negeri. Ada Ghost Pepper, Peter Pepper, Bolivian Rainbow, dan masih banyak yang lainnya (termasuk red pear tomato).

Setelah mencari-cari di internet, beberapa metode coba saya lakukan, terutama untuk mempermudah, mempercepat dan memperbesar kemungkinan tumbuh dari biji cabe yang akan disemai. Berikut beberapa cara menanam cabe yang sudah saya temukan :

Cara menanam cabe metode pembenihan 1

  • Gunakan tissue beberapa lembar, basahi dengan air. Tebar beberapa biji cabe diatas tisu tersebut.
  • Kemudian tutup lagi dengan tissue, dan basahi (semprot dengan air) sekali lagi.
  • Masukkan tissue tersebut kedalam box plastik, dan tutup rapat.
  • Tunggu beberapa hari, sampai biji tersebut tumbuh (berkecambah)
  • Pindahkan bibit yang telah tumbuh (pindahkan dengan berhati-hati), dan taruh di media tanam yang sudah anda sediakan.

Cara menanam cabe metode pembenihan 2

  • Cari cup plastik ice cream kecil, taruh kapas diatasnya.
  • Basahi kapas tersebut dengan air
  • Tabur beberapa biji cabe diatas kapas tersebut
  • Tutup cup plastik itu
  • Masukkan kedalam kulkas (bukan di freezer)
  • Tunggu sampai biji tumbuh berkecambah
  • Pindah dengan hati-hati, biji yang sudah tumbuh ke media tanam

Cara menanam cabe metode pembenihan 3

Update : Kami punya cara yang lebih mantabh untuk pembibitan, silahkan cek disini : Pembibitan cabe dan tomat ala AyoBerkebun.com

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.5/5 (60 votes cast)
Cara menanam cabe dari biji, 3.5 out of 5 based on 60 ratings
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

38 Comments

  1. Itu bji cabe yang di taburkan, bijinya dikeringkan terlebih dahulu apa langsung???

    • kering bisa (biji yang dibeli dari toko), atau basahpun juga bisa (biji dari buah cabe langsung)

  2. toples plastiknya dibolongin gk ?

  3. untuk menaruh nya di plastik / polybag tu gmn caranya gan

    • Polibag di isi tanah (atau media tanam lain),
      taruh biji yang sudah berkecambah itu,
      tutup kembali dengan media tanam, sekitar 0,5 sampai 1 cm

      siram air, dan pelihara seperti biasa

    • Polibag di isi tanah (atau media tanam lain),
      taruh biji yang sudah berkecambah itu,
      tutup kembali dengan media tanam, sekitar 0,5 sampai 1 cm

      siram air, dan pelihara seperti biasa

    • ok makasih g an

  4. Mantap mas broow.. Udah saya coba dan hasilnya..
    Josgandos… 100% berhasil, tapi setelah cambah dipindah di polybag, langkah selanjutnya gmana pak?
    Trimakasih

    • di pelihara biasa pak. Disiram secara berkala (jangan sampai banjir, dan jangan sampai kekeringan).

      Bila tanaman sudah besar, boleh dipindah lagi ke polibag yang berukuran besar.

  5. makasih pak ,

  6. good good….!~

  7. plang dijemput pp g ngomong mm panik cariin

    • lain kasi kabar jik pulang tpt pp

    • Met Pagi Non_Afrinia hehe
      tdnya aku Mo komen gni:
      ———————————-
      lain kasi kabar jik pulang tpt pp
      ———————————-
      eh dah di duluin Ama Afrinia Nur Shintia Dewi
      liat tuw Non_Afrinia…. si Afrinia Nur Shintia Dewi hebat ea bs hdr secepat kilat

  8. cabe yang untuk bibit perlu dikeringkan dulu gak ya ??

  9. kalau mau disimpan, dan ditanam di kemudian hari,.. ya. dikeringkan.
    tapi kalau mau langsung ditanam, ya gak perlu di keringkan

  10. kalo yang metode 1 harus di simpan di tempat yang lembab gak

    • tidak harus sih,
      selama biji dan tissue didalamnya masih basah,
      its oke,.. mau ditaruh di tempat lembab atau kering (box plastiknya)

  11. cara perawatan tanaman dan lahan nya gimana ……….?

    • kami tidak punya trik khusus.
      hanya disiram secara teratur, dan setiap 1 minggu diberi pupuk (pupuk yg dilarutkan ke air untuk disiram).
      jika ada hama (aphid, dll), semprot dengan pembasmi hama.
      itu saja.

  12. Biasa berapa hari bijinya mulai berkecambah?

    • macam-macam.
      pernah ada yang 2 hari bisa sprout.
      ada juga yang harus nunggu 2 minggu untuk sprout.

  13. wah terimaksih buat infonya gan sangat bermanfaat nih..

  14. kuingn meneliti cra menanam cabai,,,, yng baik

  15. terima kasih infonya saya sedang mencoba cara yang pertama

  16. terima kasih banyak atas infonay !!!

  17. Terimakasih infonya. Mau praktek dulu gan. ehhehehehe…

  18. selain biji cabe, benih jambu biji atau biji yg lain bisa tidak?

  19. untuk media tisu.. apakah semua jenis tisu bisa dipakai?
    ato bisa diganti dengan kapas?

  20. ASIIIXXX BLH IKUTAN AQ ,,,,,,?

  21. sebelum semai benihnya harus di rendem dulu gak ya om?

  22. Untuk membuat nustrisi cabe dan tomat komposisinya bagaimana ? Kalau saya membuat system hydrophonik dengan air mengalir, komposisi tersebut sampai kapan harus diperbaharui (diganti) Terima kasih saya tunggu jawabannya melalui eMail saya tsb.

  23. itu bisa gak pake benih cabe lokal ?

  24. Kami Produsen Pupuk Organik Super dgn kandungan N 2%, P 15% K 12% Bo 12% C 10% MG 2% & PUPUK CAIR N 15% P 18% K 28% ..PHOSPAT MURNI 18 -22 % , HUMMIC ACID 54%, UJI LAB UNIVESITAS GAJAH MADA ,,,0812.2929.5557

  25. cabe yang untuk bibit perlu dikeringkan dulu gak ya ??

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 + = 9

Choose a Rating

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Keywords :