Cara menanam cabe dari biji

Cara menanam cabe dari biji
Users

Cara menanam cabe dari biji sebenarnya tergolong mudah, apalagi bila kita tahu triknya.

cara menanam cabe dari bijiCara menanam cabe (umumnya)
Sebelumnya, saya melakukan hal yang biasanya dilakukan orang pada umumnya, cara menanam cabe yang saya lakukan adalah menebar biji di pot kecil dengan media tanah, dan menunggunya berhari-hari sampai dia tumbuh. Sungguh menegangkan, dan melelahkan.

Memang, pada akhirnya beberapa biji tumbuh, dan ada yang tidak, prosentase tumbuh juga tidak bisa mendekati 80%, sangat disayangkan, karena biji cabe yang akan saya tanam ini bukan biji cabe biasa, tapi biji cabe import dari luar negeri. Ada Ghost Pepper, Peter Pepper, Bolivian Rainbow, dan masih banyak yang lainnya (termasuk red pear tomato).

Setelah mencari-cari di internet, beberapa metode coba saya lakukan, terutama untuk mempermudah, mempercepat dan memperbesar kemungkinan tumbuh dari biji cabe yang akan disemai. Berikut beberapa cara menanam cabe yang sudah saya temukan :

Cara menanam cabe metode pembenihan 1

  • Gunakan tissue beberapa lembar, basahi dengan air. Tebar beberapa biji cabe diatas tisu tersebut.
  • Kemudian tutup lagi dengan tissue, dan basahi (semprot dengan air) sekali lagi.
  • Masukkan tissue tersebut kedalam box plastik, dan tutup rapat.
  • Tunggu beberapa hari, sampai biji tersebut tumbuh (berkecambah)
  • Pindahkan bibit yang telah tumbuh (pindahkan dengan berhati-hati), dan taruh di media tanam yang sudah anda sediakan.

Cara menanam cabe metode pembenihan 2

  • Cari cup plastik ice cream kecil, taruh kapas diatasnya.
  • Basahi kapas tersebut dengan air
  • Tabur beberapa biji cabe diatas kapas tersebut
  • Tutup cup plastik itu
  • Masukkan kedalam kulkas (bukan di freezer)
  • Tunggu sampai biji tumbuh berkecambah
  • Pindah dengan hati-hati, biji yang sudah tumbuh ke media tanam

Cara menanam cabe metode pembenihan 3

Update : Kami punya cara yang lebih mantabh untuk pembibitan, silahkan cek disini : Pembibitan cabe dan tomat ala AyoBerkebun.com

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.5/5 (62 votes cast)
Cara menanam cabe dari biji, 3.5 out of 5 based on 62 ratings
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • Luhdi Prasetyo

    Itu bji cabe yang di taburkan, bijinya dikeringkan terlebih dahulu apa langsung???

    • irwanbee

      kering bisa (biji yang dibeli dari toko), atau basahpun juga bisa (biji dari buah cabe langsung)

  • agan

    toples plastiknya dibolongin gk ?

    • irwanbee

      Polibag di isi tanah (atau media tanam lain),
      taruh biji yang sudah berkecambah itu,
      tutup kembali dengan media tanam, sekitar 0,5 sampai 1 cm

      siram air, dan pelihara seperti biasa

  • http://Buddywae Sebudix

    Mantap mas broow.. Udah saya coba dan hasilnya..
    Josgandos… 100% berhasil, tapi setelah cambah dipindah di polybag, langkah selanjutnya gmana pak?
    Trimakasih

    • irwanbee

      di pelihara biasa pak. Disiram secara berkala (jangan sampai banjir, dan jangan sampai kekeringan).

      Bila tanaman sudah besar, boleh dipindah lagi ke polibag yang berukuran besar.

  • irham purnama

    kalo yang metode 1 harus di simpan di tempat yang lembab gak

    • irwanbee

      tidak harus sih,
      selama biji dan tissue didalamnya masih basah,
      its oke,.. mau ditaruh di tempat lembab atau kering (box plastiknya)

      • http://latakhofwalatahzan arnidiyanti

        sebaiknya di tempat yg gimana yach?

  • budianto

    cara perawatan tanaman dan lahan nya gimana ……….?

    • irwanbee

      kami tidak punya trik khusus.
      hanya disiram secara teratur, dan setiap 1 minggu diberi pupuk (pupuk yg dilarutkan ke air untuk disiram).
      jika ada hama (aphid, dll), semprot dengan pembasmi hama.
      itu saja.

  • http://blogsuper.mprm.net Sofware Penghasil Uang

    Biasa berapa hari bijinya mulai berkecambah?

    • irwanbee

      macam-macam.
      pernah ada yang 2 hari bisa sprout.
      ada juga yang harus nunggu 2 minggu untuk sprout.

  • http://www.barcoholic.com Jasa Print Sticker Barcode

    wah terimaksih buat infonya gan sangat bermanfaat nih..

  • rezha adviana

    terima kasih infonya saya sedang mencoba cara yang pertama

  • http://bit.ly/14AtovF cara mengobati sakit gigi

    terima kasih banyak atas infonay !!!

  • http://www.masyonow.net Masyonow.net

    Terimakasih infonya. Mau praktek dulu gan. ehhehehehe…

  • sario

    selain biji cabe, benih jambu biji atau biji yg lain bisa tidak?

  • ari

    untuk media tisu.. apakah semua jenis tisu bisa dipakai?
    ato bisa diganti dengan kapas?

  • Kuat Slamet

    Untuk membuat nustrisi cabe dan tomat komposisinya bagaimana ? Kalau saya membuat system hydrophonik dengan air mengalir, komposisi tersebut sampai kapan harus diperbaharui (diganti) Terima kasih saya tunggu jawabannya melalui eMail saya tsb.

  • http://facebook.com/profile.php?id=100006540369807 Put

    itu bisa gak pake benih cabe lokal ?

  • Kuncoro

    Kami Produsen Pupuk Organik Super dgn kandungan N 2%, P 15% K 12% Bo 12% C 10% MG 2% & PUPUK CAIR N 15% P 18% K 28% ..PHOSPAT MURNI 18 -22 % , HUMMIC ACID 54%, UJI LAB UNIVESITAS GAJAH MADA ,,,0812.2929.5557

  • http://facebook.com/profile.php?id=100000171572045 Latifa Ayu D. Sarjono

    cabe yang untuk bibit perlu dikeringkan dulu gak ya ??

  • Andito

    Terima kasih banyak informasinya. Saya mau coba praktikkan :)

Keywords :