Memberantas hama pada tanaman cabai

Memberantas hama pada tanaman cabai

Sebenarnya sudah lama tanaman cabe dan tomat yang saya tanam di bambu vertikal (dengan teknik vertikultur) terserang hama. Ketika sedang seger-segernya, dan mulai muncul bunga kecil (pentil) yang akan menjadi bakal buah, hama ini menyerang. Diawali dengan ‘nogol’nya para aphid dan kutu sejenis yang menggerombol di daun, dan terutama disekitar bakal buah tersebut. Kemudian datanglah para semut dengan jumlah yang tidak sedikit, juga ikut menggerombol disana. Sepertinya semut ingin memakan aphid-aphid tersebut, tapi kok gak ada tanda-tanda pengurangan jumlah hama ini? malahan keduanya (aphid dan semut) cenderung bertambah banyak.

Tak lama kemudian, bencana mulai terjadi. Bakal buah yang sudah berbunga, dan mekar (pada tanaman cabe), kemudian berjatuhan, satu demi satu. Untunglah para hama ini tidak menyerang tanaman tomat yang aku tanam dalam 1 bambu dengan cabai tersebut. Apakah mungkin karena tekstur dari batang tanaman tomat yang berbulu halus, sehingga menyulitkan semut untuk merayap keatas?. Saya kurang tahu.

vertikulturJengkel dan kesal. Cabe yang kutunggu-tunggu tidak jadi berbuah, dan aphid serta semut jumlahnya semakin banyak. Saya sudah coba dengan cara sederhana (peninggalan nenek moyang, he he he) yaitu disemprot larutan sabun (untuk kali ini, saya pakai sunlight), tapi setelah beberapa aplikasi, hama tak kunjung hilang. terutama si semut!, tidak berkurang sama sekali.

Kemarin, tanggal 4 Mei 2013, petugas dari JNE datang, membawa pesanan “pupuk”, dan ternyata sama si penjual, dikasih bonus “anti kutu”. Pestisida ini bernama “KPK (anti kutu)”. Produk ini adalah produk buatan teman, yang sudah lama berkecimpung di area pupuk organik dan pestisida. Untuk sementara, produk ini belum dijual bebas, jadi kalau para pembaca ingin membeli, anda tidak akan menemukan di toko manapun!! (setidaknya untuk saat ini).

Sore, langsung saya aplikasikan si “KPK” ini. Sesuai dengan dosis yang dianjurkan, yaitu 1cc KPK dicampur dengan 1 Liter air, kemudian saya masukkan ke handspayer. Dengan ganas (karena penuh emosi) saya semprotkan “ramuan ajaib” ini ke semua tanaman, baik itu cabe dan tomat. Semua area yang digunakan oleh kutu dan semut untuk “rapat”, saya semprot sampai basah bener.

Kisaran 1 sampai 2 jam setelah itu, saya cek, semua kutu dan semut sudah hilang. Banyak yang berjatuhan,.. pokoknya bersih deh. Hari ini pun juga saya cek kembali, dan beluma da kutu baru atau semut yang coba menyerang tanaman cabe dan tomat saya.

PUAS!!!, bener-bener PUAS!!. 2 Jempol untuk produk KPK!!

note : bagi yang ingin mencoba ramuan KPK ini, silahkan tinggalkan pesan di form kontak

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.6/5 (18 votes cast)
Memberantas hama pada tanaman cabai, 3.6 out of 5 based on 18 ratings
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

16 Comments

  1. Mohon infonya untuk benih dan pestisida organiknya

  2. knp pohon cabe yg sy tanam banyak sekali semut merah di setiap btng dn daun

  3. yang saya alami, semut berkumpul di tanaman cabe adalah untuk memakan hama cabe (pada awalnya), tapi bisa juga lama2 memakan tunas daun.
    Selama tidak ada hama cabe (aphid dll), biasanya semut juga tidak akan berkunjung.

    kalau memang benar, di cabe ada hama, berantas dulu hamanya. dengan begitu, semoga semut juga akan pergi dari sana

  4. MARI KOTONG BERKEBUN BERSAMA

  5. mantap

  6. mau donk larutan KPK nya…

  7. Minta info belinya dimana mau coba. . . .

  8. bisa d kasih tau d mana beli y

  9. Bagaimana cara mendapapatkan anti hama KPK ini, atau cara membuat KPK, terima kasih

  10. kontak mbak Rissa : https://www.facebook.com/messages/rissa.ishak
    kalau di tanya, bilang aja info dari ayoberkebun

  11. kontak mbak Rissa : https://www.facebook.com/messages/rissa.ishak
    kalau di tanya, bilang aja info dari ayoberkebun

  12. bos ane mau tanya. ane punya kebun cabe tapi di daerah musiman.setahun sekali, pas musim hujan aja, pas bunga udah mulai menjadi buah malah rontok, ane gak tau apa penyebabnya, maklum ane petani amatiran, minta info obat obatan yang cocok untuk menangkalnya, dan sekalian pupuk yang buat bikin buahnya banyak, makasi sebelumnya,,, kalo ada sekalian ane mau order,,,,

  13. Musuhnya aphid emang ladybug

  14. Musuhnya aphid emang ladybug

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose a Rating

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Keywords :