Garden Tower, sayuran dari sampah??

Garden Tower, sayuran dari sampah??

Apakah judul diatas membuat bingung? he he he. Oke, marilah di simak penjelasan berikut.

Ide ceritanya adalah sebagai berikut :
Setiap rumah, pasti menghasilkan sampah, terutama untuk sampah dari dapur. Bagi para pecinta kebun, bertambah lagi sampah mereka, yaitu dari daun dan dahan dari tanaman mereka. Kebanyakan, sampah seperti ini hanya akan di buang ke tempat sampah, dan dikirim ke TPA (tepat pembuangan akhir).

Jika sampah tersebut bisa kita olah, dijadikan kompos, maka akan timbul beberapa keuntungan yang sangat signifikan.

  • Pertama, kita mendapatkan pupuk gratis, untuk tanaman kita.
  • Kedua, kita juga ikut membantu membersihkan lingkungan.

Pernah dulu, saya mencoba ide pembuatan kompos dari limbah dapur, dengan metode keranjang Takakura. Memang, metode ini berhasil, tapi kurang menarik. Kenapa? karena akan terdapat 1 box yang digunakan untuk pengkomposan, dan seringkali merusak pandangan.

Ide kali ini adalah Garden Tower, berawal dari membaca artikel di website gardenculture.net.

Bentuk Garden Tower adalah sebagai berikut :

garden-tower-urban-garden

Prinsip Garden Tower ini adalah, terdapat 2 tempat (berbentuk tabung). Tabung besar diluar, dinding diberi lubang, untuk menanam sayuran. Sedangkan ditengah-tengah tabung itu, terdapat tabung yang kecil (diberi lubang kecil-kecil di dinding), yang nantinya akan di isi dengan sampah dapur yang akan dikomposkan.

Berbeda dengan metode Takakura, yang menggunakan bakteri untuk mengurai sampah dapur menjadi kompos, metode Garden Tower ini menggunakan cacing tanah untuk memproses pengkomposan.

Jadi, pada intinya, sampah dapur akan diurai, dan menjadi pupuk untuk tanaman yang ada didalam garden tower, dan jika sudah penuh, kita bisa ambil kompos tersebut untuk digunakan sebagai pupuk di tanaman lain.
Sambil menunggu kompos jadi, sayuran yang ditanam bisa tetap kita panen.

Disebutkan juga bahwa sayuran seperti tomat dan cabe juga bisa ditanam di Garden Tower, akan tetapi kurang disarankan, karena masalah ketinggian dari tanaman.

Masih bingung dengan penjelasan saya? Lebih baik anda lihat Video berikut. Semua akan jelas disini.

Terjawab sudah, arti dari judul : “sayuran dari sampah”

4 Comments

  1. beli tower nya dimana?

  2. beli tower nya dimana?

  3. maaf mba, cara membuat nya gmna ya? dia atas cuman ad gmbar hasil jadi nya z. pngen tw cara pembuatan garden tower tu lebih jelas.

  4. maaf mba, cara membuat nya gmna ya? dia atas cuman ad gmbar hasil jadi nya z. pngen tw cara pembuatan garden tower tu lebih jelas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose a Rating

Keywords :
Show Buttons
Hide Buttons