“Efek samping” Berkebun adalah Menurunkan Berat Badan

“Efek samping” Berkebun adalah Menurunkan Berat Badan

Tips Berkebun untuk Menurunkan Berat Badan

Berkebun merupakan kegiatan yang menyenangkan dan juga cara sehat menurunkan berat badan. Ya, menggali dan menyiangi rumput-rumput liar di sekitar tanaman saja sama dengan latihan beban 12 menit di gym. Sehingga, tak heran American Council on Exercise menyebutkan bahwa berkebun selama 1 jam dapat membakar hingga 300 kalori. Berkebun membuat Anda menggerakkan semua kelompok otot utama dalam tubuh, termasuk punggung, leher, lengan, perut, bahu, bokong, dan kaki. Gerakan otot-otot itulah yang membantu Anda membakar kalori lebih besar dan membangun kekuatan tubuh.

Selain dalam hal pembakaran kalori, berkebun juga memberikan manfaat kebugaran kardiovaskuler, memperkuat tulang dan sendi, serta meningkatkan fleksibilitas. Bahkan, berkebun telah terbukti menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Selain itu, dari berkebun buah-buahan dan sayur-sayuran, Anda juga dapat menjaga konsumsi makanan sehat dari kebun sendiri yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Agar semua manfaat dari berkebun tersebut bisa Anda dapatkan dengan baik, terutama sebagai cara sehat menurunkan berat badan, ada beberapa tips yang perlu Anda ikuti:

Lakukan kegiatan berkebun yang benar-benar dapat membakar kalori.

Dalam rangka menurunkan berat badan dengan berkebun, Anda harus membakar kalori lebih dari yang Anda konsumsi. Kegiatan yang bagus untuk Anda lakukan antara lain:

  • menggali lubang, membakar 150 kalori pada wanita, 197 kalori pada pria
  • menanam bibit, membakar 135 kalori pada wanita, 177 kalori pada pria
  • menyiangi rumput, membakar 156 kalori pada wanita, 157 pada pria

Selain itu, Anda bisa memupuk dan menyiram tanaman serta mengumpulkan daun kering untuk menambah pembakaran kalori.

Mulailah perlahan-lahan untuk menghindari rasa sakit. Lalu, perhatikan postur dan posisi tubuh demi membangun otot dengan aman. Hindari gerakan yang tiba-tiba. Gerakkan tubuh dengan stabil dan halus. Selaraskan antara gerakan otot perut dan punggung. Tekuk lutut dan arahkan kaki ke depan dengan benar saat membungkuk. Jangan lupa atur pernapasan, lalu berdiri dan regangkanlah lengan, kaki, dan punggung setiap 10 menit.

Seiring waktu, tambah jangkauan gerak dan variasikan kegiatan berkebun. Misalnya dengan menambah lahan untuk ditanami bunga-bunga cantik sehingga Anda bisa lebih lama menyiangi rumput. Atau tanam tanaman yang agak tinggi agar Anda bisa memangkas cabang-cabangnya.

Demi menurunkan berat badan secara maksimal, lakukan kegiatan berkebun secara rutin, setidaknya 3 sampai 5 kali dalam seminggu selama 30 menit sampai 1 jam. Jika Anda tidak memiliki waktu 30 menit sampai 1 jam pada satu waktu, pecah kegiatan berkebun Anda menjadi beberapa kali dalam sehari. Misalnya, menyirami tanaman selama 20 menit di pagi hari dan menyiangi rumput selama 20 menit di sore hari.

Sebagai tambahan tips, lakukan peregangan sebelum dan setelah berkebun untuk menghindari cidera. Selain itu, hindari mengangkat benda-benda yang terlalu berat seperti karung kompos atau cangkul karena bisa pula mengakibatkan cidera. Sebagai gantinya, ambil kompos secukupnya dengan ember kecil dan gunakan sekop tanaman. Lalu selama berkebun, jaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air putih. Jangan lupa juga oleskan tabir surya sebelum berkebun untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari sehingga tubuh langsing didapat, kulit pun tetap cantik. Ayo berkebun!

Sumber : http://www.soyjoy.co.id/soylution/healthy-living/264/tips-berkebun-untuk-menurunkan-berat-badan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose a Rating

Keywords :
Show Buttons
Hide Buttons