Polinela Lampung Galakkan Tanaman Hidroponik

Polinela Lampung Galakkan Tanaman Hidroponik

Saibumi.com, Bandar Lampung – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) kini makin menggalakkan mahasiswanya mendalami proses penelitian tanaman menggunakan teknik hidroponik.

Hidroponik (latin; hidro=air ; ponos=kerja) adalah suatu metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah melainkan dengan menggunakan larutan mineral bernutrisi atau bahan lainnya yang mengandung unsur hara. Bahan yang mengandung unsur hara seperti sabut kelapa, pasir, pecahan batu bata, serbuk kayu dan lain-lain sebagai pengganti media tanah.

Program Studi Hortikultura, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) memberikan kepada Mahasiswa tentang mata kuliah yang mempelajari teori dan praktikum hidroponik. Seperti saat ditemui Saibumi.com Kamis 23 Oktober 2014 mahasiswa hortikultura semester V sedang melakukan praktikum mata kuliah hidroponik di screen house Polinela.

Sismanto, dosen mata kuliah hidroponik pada program studi hortikultura Polinela mengatakan ada tiga teknik hidroponik yang sering dipakai yaitu teknik larutan statis, teknik larutan alir, dan agregat media.

“Saat ini kami sedang menanam buah semusim melon dengan metode hidroponik. Kami biasa menggunakan teknik larutan alir atau NFT (nutrient film technique). Karena teknik ini lebih mudah, untuk mengaturan suhu dan nutrisi bisa diatur dalam tangki besar jadi bisa dipakai banyak tanaman” ujarnya.

Kelebihan menanam dengan cara hidroponik dibandingkan dengan konvensional (di tanah) diantaranya pemakaian air lebih efisien karena penyiraman air tidak perlu dilakukan setiap hari sebab media larutan mineral yang dipergunakan selalu tertampung didalam wadah yang dipakai, pertumbuhan tanaman lebih cepat, dan kualitas hasil tanaman dapat terjaga.

Dosen mata kuliah hidroponik Polinela Sismanto mengatakan setiap panen buah tidak sampai dijual keluar kampus karena jumlah buah yang dihasilkan habis terjual di kampus. “Panen melon dilakukan setelah tiga bulan menanam. Disini ada 600 polibag, hasil panen selalu habis terjual dilingkungan kampus dibeli oleh mahasiswa dan dosen,” tuturnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com | Citra Ayusanthika / Saibumi.com

Sumber: www.saibumi.com http://www.saibumi.com/artikel-58792-polinela-lampung-galakkan-tanaman-hidroponik.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose a Rating

Keywords :
Show Buttons
Hide Buttons