Window Farms

Window Farms

Window Farms, salah satu usaha untuk memanfaatkan area jendela untuk menanam. Dengan menggunakan prinsip vertical garden ditambah dengan nutrisi yang di distribusikan dengan sistem hidroponik. Artikel menarik ini saya baca ketika nyasar di web www.windowfarms.com.

Kira-kira, ilustrasi dari Window Farm akan seperti gambar dibawah ini
windowfarm

Kita petik diwaktu kita butuhkan, dan ketika tidak dibutuhkan, biarkan mereka tumbuh.

Window Farm ini didesain agar bisa di panen berulang-ulang, bukan dengan mengambil semua tanaman (misal sayuran) yang pada akhirnya kita awetkan didalam kulkas.

Didalam website ini dijelaskan bahwa prinsipnya sama persis dengan Hidroponik sistem vertikal. Ada tampungan air berisi nutrisi dibawah, dan dipompakan ke tanaman yang berposisi di paling atas. Air nutrisi itu akan jatuh secara grafitasi ke tanaman dibawahnya, dan begitu seterusnya sampai akhirnya air nutrisi kembali ke tampungan.

Pemompaan air nutrisi menggunakan pompa aerator aquarium dengan daya listrik yang sangat kecil, bukan dengan pompa air aquarium. Jadi air yang mengalir sebenarnya bisa dibilang hanya menetes, tapi terus menerus, dan diatur dengan timer.

Silahkan lihat ilustrasi dibawah ini :
window farmwindow farm

Menarik bukan?, bila ingin belajar lebih lanjut, silahkan saja ke website sumber : www.windowfarms.com.
Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan ide-ide baru untuk memanfaatkan area di sekitar rumah kita untuk berkebun!.

Berkebun tidak butuh tempat!, tapi butuh kemauan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose a Rating

Keywords :
Show Buttons
Hide Buttons